Hijab.id

Fakta Unik Tentang Brand Nike Yang Belum Banyak Orang Tahu

9 Jun 2021  |  272x | Ditulis oleh : Admin
Fakta Unik Tentang Brand Nike Yang Belum Banyak Orang Tahu

Siapa sih yang tidak tahu brand terkenal Nike? Apalagi bagi anda yang senang kepada olahraga, pasti sudah sangat mengenal brand satu ini. Nike adalah brand terkenal yang kebanyakan produknya untuk olahraga. Beberapa atlet terkenal seperti Christiano Ronaldo, Roger Federer dan Tiger Woods berkerja sama dengan Nike untuk Branding Image kepada masyarakat di dunia. Nike memiliki logo yang unik yaitu centang yang sangat ikonik. Ternyata ada beberapa fakta unik dari logo nike yang belum kamu ketahui. Ingin tahu kan apa saja? Simak ulasannya dibawah ini !

1. Awal mula Nike adalah Blue Ribbon Sports

Sebelum terkenal dengan nama Nike, awal mula brand ini memulai dengan nama Blue Ribbon Sports yang bermarkas di Oregon. Nike awal mula didirikan pada tanggal 25 Januari 1971 oleh kedua orang yang ternyata atlit pelari dan pelatih yaitu Philip Knight dan Billy Bowerman. Pada awal karir, Nike menjadi perusahaan distributor sepatu dari jepang yaitu Onitsuka Tiger. Pada tahun 1971 Blue Ribbon Sport mengubah nama menjadi Nike dan membuat produk sendiri.

2. Nike dari bahasa Yunani

Nike ternyata berasal dari bahasa yunani dan mengandung makna yaitu kemenangan. Ini diambil pada sejarah bangsa Yunani yaitu Dewi Nike yang dipercaya masyarakat Yunani jaman dahulu sebagai dewi pembawa kemenangan atau kemakmuran. Maka dari itu pendiri Nike memberikan nama perusahan Nike agar mereka berharap Nike kedepannya berhasil dan memberikan kemenangan untuk semua orang yang memakai produknya.

3. Logo "Swoosh" ternyata buatan mahasiswa

Logo Nike yang bertema Swoosh itu ternyata dibuat oleh mahasiswa desain grafis yang bernama Carolyn Davidson. Mahasiswa tersebut membuat gambar Swoosh karena terisnpirasi dewa kemenangan dewi Yunani. Logo Swoosh bermakna tersendiri yaitu kecepatan atau gerakan menurut Carolyn.

4. Slogan "Just Do It" terinspirasi dari pembunuhan berantai

Memang agak sedikit seram ketika mengungkap fakta dibalik slogan Just Do IT yang dimiliki Nike. Slogan tersebut diambil dari kisah pembunuh berantai yang bernama Gary Gilmore. Kata Just Do It tersebut adalah merupakan ucapan terkahir sang pembunuh berantai sebelum ia di eksekusi mati.

5. Sepatu pertama terinspirasi dari cetakan wafel

Ternyata cetakan sepatu waffel nike pertama kali terinspirasi saat sang istri Bill Bowerman membuatkan makanan tersebut kepadanya. Lalu ia membayangkan jika sol sepatu memiliki pola seperti kue wafel agar pelari dapat mudah berlari dan tidak terpeleset. Pada saat itu Nike membuat sepatu dengan sol sepatu wafel dan diujikan kepada Phil Knight. Pada saat itu rekannya Otis Davis melihat Phil menggunakan sepatu tersebut dan Davis ingin mencobanya. Pada perlombaan lari olimpiade 1960, Davis menggunakan sepatu tersebut dan mendapatkan medali emas.

6. Pertama kalinya menggunakan lagu The Beatles untuk iklan

Pada tahun 1987, Nike menghadirkan iklan pada tayangan televisi dan menggunakan lagu the beatles yang berjudul “Revolution”. Pada saat itu Nike mendapatkan kritikan karena menggunakan lagu tanpa izin kepada the beatles. Setelah itu Nike melakukan kerja sama dengan John Lennon.

7. Air Jordan 1 sepatu yang tidak disukai oleh M. Jordan

Nike memiliki seri Sepatu yang kebanyakan orang pasti tahu yaitu Air Jordan 1. Sepatu ini ketika dirilis sangat banyak sekali pembeli dan sukses dipasaran. Namun fakta uniknya yaitu sang icon Michael Jordan tidak menyukai sepatu Air Jordan 1 karena alasan warna yaitu merah dan hitam yang dinilai aneh menurutnya.

Itulah beberapa fakta unik dari logo dan seputar brand  Nike yang jarang orang lain tahu. Semoga artikel ini bermanfaat . terima kasih !

Baca Juga: